Panduan Penelitian Pembinaan

PANDUAN PENELITIAN PEMBINAAN

FPIK - UNDIP

 

 

A.    PETUNJUK UMUM

1.      Tema

Ruang lingkup penelitian disesuaikan dengan Tema yang ada dalam RIP-UNDIP dengan ditambahkan beberapa tema unggulan fakultas yaitu:

a.       Ketahanan dan keamanan pangan

b.      Ketersediaan energi, energi baru dan terbarukan

c.       Kesehatan, penyakit tropis, gizi dan obat-obatan

d.      Pengentasan kemiskinan

e.       Perubahan iklim dan keragaman hayati

f.       Pengelolaan bencana

g.      Integrasi nasional dan harmoni sosial

h.      Otonomi daerah dan desentralisasi

i.        Seni dan budaya / industri kreatif

j.        Infrastruktur, transportasi, dan teknologi pertahanan keamanan

k.      Teknologi informasi dan komunikasi

l.        Pembangunan manusia dan daya saing bangsa.

 

Sasaran hibah penelitian pembinaan diprioritaskan pada tiga tujuan, yaitu:

a.       Pengembangan penelitian berbasis pada tema RIP UNDIP sekaligus pengembangan ilmu pengetahuan bagi dosen peneliti.

b.      Pengembangan bahan ajar melalui pengayaan materi berdasarkan hasil-hasil penelitian.

c.       Peningkatan jumlah publikasi ilmiah (diutamakan publikasi hasil penelitian di jurnal nasional terakreditasi atau tidak terakreditasi).

 

 

 

2.      Jangka Waktu dan Jumlah Dana

Penelitian pembinaan dapat dilaksanakan maksimum selama 8 (delapan) bulan dengan dana maksimum sebesar Rp. 15.000.000,- (limabelas juta rupiah).

 

3.      Luaran

Target luaran penelitian pembianan harus dinyatakan sebagai berikut:

a.       Publikasi hasil penelitian di jurnal/terbitan berkala ilmiah nasional (tak terakreditasi atau terakreditasi).

b.      Bahan ajar: dalam bentuk modul atau diktat (diserahkan dalam bentuk CD)

 

4.      Tahap Review Usul Penelitian/ Proposal Penelitian

Proposal penelitian pembinaan yang telah diterima oleh FPIK sesuai batas waktu yang telah ditentukan, perlu dilakukan seleksi awal (desk evaluation) oleh tim reviewer yang telah ditetapkan secara sah oleh Pimpinan fakultas dan kemudian ditunjuk oleh Pembantu Dekan I dalam pelaksanaan kegiatan. Usul penelitian pembinaan yang sudah lolos seleksi awal, dilanjutkan seleksi melalui presentasi usul penelitian oleh ketua tim peneliti dihadapan tim reviewer. Apabila ketua tim berhalangan hadir, dapat menunjuk anggota tim peneliti (yang setara) untuk mewakili presentasi sekaligus menggantikannya menjadi ketua tim peneliti.

Seleksi proposal penelitian perlu dilakukan dengan tujuan untuk menilai kesesuaian antara usul penelitian dengan persyaratan administrasi maupun kompetensi sebagai dosen/ peneliti dalam program ini, serta mengevaluasi kelayakan substansi kegiatan yang diusulkan. Hasil seleksi akan diumumkan secara terbuka melalui website fakultas dan juga dilakukan surat menyurat langsung ke pihak peneliti. Mekanisme pelaksanaan pendanaan diatur dalam Surat Perjanjian Pelaksanaan Hibah Penelitian Pembinaan.

 

5.      Monitoring dan Evaluasi

Tim reviewer usul penelitian selain bertugas sebagai penilai usul penelitian, juga melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan penelitian. Tim monitoring dan evaluasi ditunjuk oleh Dekan FPIK. Ketua Tim Peneliti wajib menyampaikan laporan kemajuan hasil kegiatan penelitian lengkap dengan logbook, dokumentasi dan catatan keuangan penggunaan dana penelitian.

 

 

6.      Persyaratan Administrasi

  1. Program Penelitian Pembinaan dapat diikuti oleh dosen tetap di FPIK yang masih aktif dan setinggi-tingginya berpendidikan S2, serta tidak sedang tugas belajar S2/S3 maupun tidak sedang/akan melaksanakan penelitian dari sumber dana lain baik sebagai ketua maupun anggota.
  2. Tim peneliti terdiri atas peneliti utama (ketua) dan anggota, maksimum 3 (tiga) orang berpendidikan paling tinggi S2. Tiap dosen peneliti hanya diperkenankan terlibat dalam satu usul penelitian pembinaan baik sebagai ketua maupun anggota. Belum memiliki jejak rekam penelitian kompetitif nasional sebagai ketua.
  3. Tema penelitian yang diusulkan sesuai/relevan dengan bidang keilmuan/ keahlian tim pengusul, dapat terlihat pada CV masing-masing peneliti.
  4. Tidak diperkenankan mengajukan usul penelitian pembinaan bagi dosen peneliti yang telah mendapatkan dana penelitian kompetitif nasional (sebagai ketua), pada tahun yang sama dengan tahun pengusulan maupun tahun-tahun sebelumnya.
  5. Pelaksanaan penelitian pembinaan harus didokumentasikan dalam logbook lengkap dengan tanggal kegiatan dan hasilnya, termasuk juga penggunaan dana.
  6. Penelitian pembinaan yang dihentikan sebelum masanya akibat kelalaian peneliti, mendapat sanksi tidak diperkenankan mengajukan usul penelitian pembinaan ke FPIK-UNDIP pada tahun berikutnya.

 

B.     TATACARA USUL PENELITIAN

Usulan penelitian sebanyak 3 (tiga) eksemplar dikirim ke fakultas, dilengkapi dokumen:

a.       Surat pernyataan (bermaterai Rp. 6.000,-) bahwa usul penelitian yang diajukan tidak sedang atau pernah didanai dan tidak sedang diusulkan ke sumber dana lainnya, dan bukan merupakan bagian dari skripsi/tesis.

b.      Surat pernyataan (bermaterai Rp. 6.000,-) bahwa tim peneliti belum pernah menjadi ketua peneliti pada skim penelitian hibah kompetifif taraf nasional (Dit.Litabmas Dikti, Ristek, Deptan. dll.), dan tidak sedang tugas belajar S2/S3 maupun tidak sedang/akan melaksanakan penelitian dari sumber dana lain baik sebagai ketua maupun anggota. Usul penelitian pembinaan harus sudah diterima oleh Fakultas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan ketentuan sebagai berikut:

1)      Usulan diketik dengan huruf Times New Roman Font 12, spasi 1,5.

2)      Ukuran kertas A4

3)      Dijilid SCL (Soft Cover Laminating / tanpa lakban) dengan warna cover abu-abu.

4)      Sisi cover kanan atas ditulis tema yang dipilih.

5)      Judul penelitian dan logo UNDIP dibawah judul penelitian.

6)      Nama dan gelar ketua serta anggota tim peneliti, tercantum dibawah logo UNDIP.

7)      Halaman pengesahan harus diketahui Dekan atau atas nama Dekan (Pembantu Dekan I) apabila Dekan berhalangan. Contoh halaman pengesahan dan identitas penelitian terlampir.

 

C.    SISTEMATIKA USUL PENELITIAN

Isi proposal penelitian mengacu pada sistematika usul penelitian sebagai berikut:

1.      Judul

Singkat dan jelas menggambarkan kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan, dengan jumlah kata dalam judul maksimum sebanyak 20 kata.

2.      Halaman pengesahan

3.      Identitas Penelitian, meliputi:

  1. Judul usul penelitian
  2. Ketua peneliti (nama lengkap, bidang keahlian, jabatan struktural dan fungsional, unit kerja, telp, email).
  3. Tim peneliti lengkap dengan gelar, bidang keahlian, instansi, dan alokasi waktu (jam/minggu)
  4.  Obyek penelitian (jenis material yang akan diteliti dan segi penelitian)
  5. Anggaran yang diusulkan
  6. Lokasi penelitian
  7. Hasil yang ditargetkan
  8. Keterangan lain yang dianggap perlu

4.      Abstrak usul penelitian (spasi 1, maksimum 200 kata)

5.      Pendahuluan

Penelitian dilakukan untuk menjawab keingintahuan peneliti guna mengungkapkan suatu gejala/ konsep/ dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Diuraikan mengenai latar belakang atau permasalahan yang ada (lengkapi proses identifikasi masalah penelitian), solusi yang sudah pernah dilakukan (mungkin oleh peneliti lain) dan yang belum dilakukan. Dikemukakan pula hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya penelitian tersebut dilakukan.

6.      Perumusan Masalah

Diuraikan secara singkat dan jelas permasalahan yang ingin diteliti meliputi pendekatan dan konsep untuk solusi pemecahan masalah. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam kalimat tanya.

7.      Tujuan Penelitian

Diuraikan secara singkat tujuan penelitian secara spesifik dan terukur.

8.      Manfaat/ Kegunaan Penelitian

Diuraikan manfaat dan kontribusi hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, pemecahan masalah pembangunan atau pengembangan institusi/ kelembagaan.

9.      Tinjauan Pustaka

Diuraikan hasil-hasil penelitian terdahulu yang mendukung, serta teori yang relevan sebagai dasar pentingnya dilakukan penelitian sesuai judul yang diusulkan. Tinjauan pustaka sebaiknya mengacu pustaka primer (asli). Disarankan untuk menggunakan pustaka terbaru (paling lama 10 tahun dari tahun pengusulan proposal). Tidak dibenarkan mengutip dari kutipan penulis/ peneliti lain. Pustaka-pustaka yang disitasi dalam tinjauan pustaka harus tercantum dalam daftar pustaka, demikian  pula sebaliknya.

 

10.  Metode Penelitian

Diuraikan secara lengkap dan sistematis metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan penelitian. Uraian metode penelitian meliputi (1) waktu dan lokasi penelitian, (2) materi penelitian, (3) rancangan penelitian (eksperimen atau survei), (4) variabel yang diamati, (5) cara pengambilan sampel, data dan instrumen yang akan digunakan, (6) analisis data. Bagi penelitian dengan metode kualitatif, dapat dijelaskan pula pendekatan yang digunakan, proses pengumpulan dan analisis data, proses penafsiran serta penyimpulan hasil penelitian.

 

11.  Jadwal Penelitian

Dicantumkan jadwal kegiatan penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian serta rencana publikasi, disusun dalam bentuk bar-chart. Jadwal penelitian dibuat secara rinci meliputi alokasi waktu (dalam minggu atau bulan) pada tiap tahap kegiatan sesuai dengan rencana. Perlu diperhatikan bahwa lama penelitian hanya 5 bulan.

 

12.  Personalia (maksimal 3 orang termasuk ketua peneliti)

a.       Ketua Peneliti

1)      Nama Lengkap                                                :

2)      NIP                                                                 :

3)      Pangkat/ Gol./Jabatan Fungsional                   :

4)      Fakultas/ Jurusan/Lab.                                    :

5)      Bidang Keahlian                                             :

6)      Waktu yang disediakan                                  :

b.      Anggota Peneliti (diuraikan semua dengan rincian seperti butir 1, maksimum 2 orang).

 

13.  Rencana Biaya

Uraikan rincian rencana biaya yang mengacu pada kegiatan penelitian maupun metode penelitian yang akan dilaksanakan, cantumkan jumlah satuan dan harga satuan. Rincian biaya penelitian meliputi:

  1. Honorarium peneliti (maksimum 30%).
  2. Bahan (minimum 30%)
  3. Perjalanan (maksimum 20%)
  4. Lain-lain (maksimum 20%)

 

14.  Daftar Pustaka

Semua pustaka yang disitasi (dikutip) dalam teks usul penelitian harus tercantum dalam daftar pustaka dan ditulis nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal atau nama penerbit dan kota penerbitan. Susunan nama-nama penulis pustaka yang disitasi, mengikuti huruf abjad dan ditulis satu spasi.

Contoh:

Jurnal

Fredriksson, J., Silverio, J., Andersson, R., Eliasson, A. C., and Aman, P., 2010, The influence of amylose and amylopectin characteristics on gelatinization and retrogradation properties of different starches. Carbohydrate Polymers 35: 119-134

 

 

Buku

Young, R.D., D.G. Westfallm, and G.W. Colliver. 1985. Production, Marketing, and Use of Phosphorus Fertilizers. In: O.P. Engestad (Ed.). Fertilizer Technology and Use. Third Ed. Published by Soil Soc. of Am., Inc. Madison, Wisconsin. hlm.323-376

Internet

Naomi, S., 2007, Harga Gandum Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah, http://www.sinarharapan.co.id/berita/0709/08/eko01.html, 8 September 2007.

 

15.  Lampiran

Lampirkan riwayat hidup ketua peneliti dan anggota, lengkap dengan tanggal, bulan, tahun serta tanda tangan masing-masing. Cantumkan judul penelitian S1 dan S2, serta pengalaman dalam mengikuti secara aktif kegiatan penelitian (jelaskan sebagai ketua atau anggota) serta sumber dana dan besar dana penelitian, publikasi dalam jurnal yang pernah dilakukan (jelaskan sebagai penulis utama atau anggota, serta jelaskan jurnal terakreditasi atau belum terakreditasi), buku ajar yang pernah ditulis dan dicetak (ISBN).

 

D.    PENILAIAN USUL PENELITIAN

Penilaian proposal penelitian didasarkan pada kriteria sebagaimana tercantum pada format penilaian. Proposal penelitian yang belum lolos seleksi dapat diketahui alasan penolakannya sebagaimana tercantum pada tabel alasan penolakan.

FORMULIR PENILAIAN

USUL PENELITIAN PEMBINAAN

 

I. Identitas Penelitian

  1. Judul Penelitian                                   :
  2. Ketua Peneliti                                     :
  3. Bidang/ Tema                                      :
  4. Anggota Tim Peneliti (jumlah)            :
  5. Biaya yang disetujui                           :

 

II. Kriteria dan Indikator

No

Kriteria

Indikator Penilaian

Bobot (%)

Skor

Nilai

1

Perumusan masalah

Judul

Perumusan masalah

Tujuan dan target penelitian

25

 

 

2

Manfaat hasil penelitian

Pengembangan Ipteks

Menunjang Pembangunan

Pengembangan Kelembagaan

Pencapaian Visi Universitas

30

 

 

3

Tinjauan Pustaka

Relevansi

Kemutakhiran dan Keaslian

Daftar Pustaka

15

 

 

4

Metoda Penelitian

- Kesesuaian dg masalah

  yang diteliti

- Ketepatan rancangan dan

  metode

- Prosedur/cara kerja

- Ketepatan instrumen

- Replikabilitas penulisan

  metode penelitian

20

 

 

5

Kelayakan Penelitian

Kesesuaian Jadwal

Keahlian Personalia (biodata)

Kewajaran biaya.

10

 

 

 

 

TOTAL

100

 

 

 

Keterangan :

 

·         Setiap kriteria diberi skor angka bulat: 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = buruk, 2 = sangat kurang, 3 = kurang, 5 = cukup, 6= baik, 7= sangat baik).

·         Passing grade = 500 tanpa skor angka 1.

·         Alasan penolakan: a, b, c, d, e, f, g, h, i (sebutkan: .....................)

Komentar dan Saran Perbaikan:

.......................................................................................................................................

.......................................................................................................................................

.......................................................................................................................................

Semarang ,      September 2013

 

 

 

Penilai,

(                                             )

 


BUTIR-BUTIR ALASAN PENOLAKAN

No

Kriteria

Indikator penilaian

Alasan Penolakan

1

Perumusan Masalah

Ketajaman perumusan

masalah dan tujuan

penelitian

Perumusan masalah lemah, kurang mengarah, tujuan dan sasaran penelitian tidak jelas.

2

Manfaat hasil penelitian

Kontribusi hasil penelitian

pada:

- Pengembangan IPTEKS

- Menunjang Pembangunan

- Pengembangan Kelembagaan

- Pencapaian Visi Universitas

Kontribusi hasil penelitian pada pengembangan IPTEKS, pembangunan atau pengembangan kelembagaan dan pencapaian visi universitas tidak jelas.

3

Tinjauan Pustaka

- Relevansi

- Kemutakhiran dan Keaslian    Sumber Pustaka

- Daftar Pustaka

Bahan kepustakaan kurang menunjang penelitian, pustaka tidak relevan, kurang mutakhir, umumnya bukan artikel jurnal ilmiah, dan penyusunan daftar pustaka tidak sesuai pedoman.

4

Metoda Penelitian

- Kelengkapan desain metode penelitian

- Kesesuaian antara metode, masalah dan tujuan penelitian

a.       Desain metode penelitian tidak lengkap dan jelas

b.      Tidak ada relevansi antara masalah, tujuan dan metode

5

Fisibilitas sumberdaya

- Kesesuaian jadwal

- Kesesuaian kepakaran personalia

- Kewajaran biaya

a.       Kelayakan penelitian kurang ditinjau dari kualifikasi personalia dan kesesuaian jadwal

b.      Anggaran biaya kurang relevan dengan kegiatan.

6

Lain-lain

Format usulan

Kesesuaian sumber dana

a.       Usulan belum mengikuti format yang ditentukan atau penyampaiannya terlambat.

b.      Permasalahan sudah banyak diteliti atau kurang relevan dengan kepakaran peneliti, atau lainnya*

*) Jika memilih alasan i, harap dituliskan alasan penolakan yang lebih spesifik.


Contoh Halaman Pengesahan Usul Penelitian Pembinaan

USUL PENELITIAN HIBAH PENELITIAN PEMBINAAN

============================================================

1. Judul Penelitian                   :

2. Bidang Ilmu                        :

3. Ketua Peneliti

a. Nama Lengkap               :

b. NIP / NIDN                   :

c. Fakultas/Jurusan/Lab      :

d. Pusat Penelitian              :

e. Telpon/Faks (Kantor)      :

f. Telpon/Faks (Rumah)      :

g. HP / E-mail                     :

4. Jumlah Anggota Peneliti     :

5. Jangka Waktu Penelitian     : 5-8 bulan

6. Lokasi Penelitian                 :

7. Biaya yang Diperlukan       : Rp. ...... (.............)

8. Sumber Dana                      :

 

Semarang,

Mengetahui,

Ketua Laboratorium                                                                            Ketua Peneliti,

 

 

 

 

(Nama Lengkap dan Gelar)                                                      (Nama Lengkap dan Gelar)

NIP. ..........................                                                                              NIP. .......................

 

Menyetujui,

 

Mengetahui,

Dekan FPIK                                                                                       Ketua Jurusan …..,

 

 

 

 

(Nama Lengkap dan Gelar)                                                      (Nama Lengkap dan Gelar)

NIP. ..........................                                                                              NIP. .......................

 

alat bantu sex alat bantu sex jual alat bantu sex alat bantu sex pria alat bantu sex wanita obat pembesar penis pembesar penis jual vimax vimax herbal